Rabu, 19 Desember 2018 M.   11 Rabi'ul Akhir 1440 H.
E-mail: disdik@kalselprov.go.id
Bahasa Indonesia | English

SD Darul Hikam Bandung

You are here: FAQ

Kegiatan Sekolah

Frequently Asked Questions

1. Berapakah jumlah siswa dalam setiap kelasnya?
Jumlah siswa dibatasi maksimal 26 siswa perkelas, rasio guru : siswa = 1 : 13 untuk SD. Konsep sekolah yang dikembangkan di Darul Hikam adalah Sekolah Inti/Sekolah Kader.

2. Berapakah jumlah rombongan belajar yang ada di SD?
Jumlah rombongan belajar yang ada di SD Darul Hikam sebanyak 24 rombongan belajar dengan rincian 4 rombongan belajar di setiap levelnya.

3. Bagaimanakah ratio guru di setiap kelas?
Jumlah guru yang ada di setiap kelas, untuk kelas I - II ada 2 guru yang akan mendampingi putra/putri Ayah Bunda selama jam pembelajaran. Sedangkan mulai dari Kelas III - VI didampingi 1 wali kelas yang dalam pembinaan kesehariannya dibantu oleh wali asuh dari guru bidang studi.

4. Bagaimanakah pola pembelajaran di SD Darul Hikam?
Untuk Kelas I – II Jam Belajar mulai pukul 07.00 – 13.45 WIB
Untuk Kelas III – VI Jam Belajar mulai pukul 07.00 – 14.30 WIB

5. Apakah keunggulan SD Darul Hikam dibandingkan dengan sekolah lain?
Pelaksanaan konsep sekolah inti/sekolah kader dengan jumlah siswa maksimal 26 siswa perkelas dengan rasio guru : siswa = 1 : 13 menjadi sebuah keunggulan dalam proses pendampingan pembelajaran di SD Darul Hikam. Siswa akan lebih merasa nyaman dan terakomodir semua kebutuhan belajarnya dengan konsep sekolah ini. Guru juga mampu melaksanakan amanah pendidikan dengan lebih baik karena bisa mengenal karakter setiap siswa dengan lebih dalam.
Kurikulum Khas Darul Hikam dengan konsep TCB (Taqwa Character Building) menjadi ciri khas/ruh dari seluruh pelaksanaan Proses Belajar Mengajar di SD Darul Hikam dengan menjadikan 7 nilai TCB (Ikhlas, Sabar, Amanah, Disipilin, Peduli, Cerdas, dan Ihsan) sebagai fokus pembinaan karakter siswa yang tujuannya agar siswa memiliki karakter taqwa yaitu taat shalat, cinta Al Quran, santun dan peduli, pergaulan islami antara pria dan wanita serta terbiasa melaksanakan budaya berakhlak berprestasi dalam kehidupan sehari-hari.

6. Apa Jenis Kurikulum yang dipakai di SD Darul Hikam?
SD Darul Hikam terpilih menjadi Sekolah Dasar Rintisan Pemerintah bersama 14 sekolah lainnya dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di Kota Bandung, yang nantinya pada tahun 2019 akan serentak diberlakukan di semua sekolah se-Indonesia. Selain itu Kurikulum Khas Darul Hikam. Kedua kurikulum ini dipadukan secara sinergis sehingga tujuan akhirnya bisa menghasilkan lulusan Sekolah Darul Hikam yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai manusia yang memiliki karakter taqwa dan terbiasa melaksanakan budaya berakhlak berprestasi dalam kehidupan sehari-hari.

7. Perbedaan dengan Primary
Primary adalah kelas internasional dari SD Darul Hikam. Penggunaan kurikulum menjadi pembeda dari kedua unit ini. SD Darul Hikam menggunakan Kurikulum Nasional, sedangkan Primary menggunakan gabungan Kurikulum Nasional dan Kurikulum Cambridge.

8. Bagaimanakah kondisi penyaluran dari lulusan SD Darul Hikam?
Sebagian lulusan SD Darul Hikam melanjutkan ke SMP Darul Hikam dan kebeberapa sekolah Negeri Cluster I.

9. Selain ekstrakurikuler, kegiatan apa lagi yang menunjang peningkatan prestasi siswa baik dari sisi akademik maupun karakter?
Kegiatan yang menunjang prestasi siswa :
- Guest Teacher (Guru Tamu)
- Belajar Langsung di Alam (BLA)
- Club Matematika, Ipa, dan Tahfidz Al Qur’an
- Taqwa Character Building (TCB) for New Students
- Lima Pilar Kesiswaan SD Darul Hikam menjadi fokus pengembangan prestasi dan karater siswa, yang meliputi (1. Pengembangan SDM, 2. Pengembangan Kepedulian Sosial, 3. Pengembangan Wawasan dan Motivasi, 4. Pengembangan Minat dan Bakat, 5. Pengembangan Prestasi dan Prestisius.)

10. Bagaimana tes masuk SD yang dilakukan di SD Darul Hikam?
Tes masuk SD Darul Hikam ada beberapa macam tes yakni tes kematangan

11. Apa itu Tes Kematangan?
Dari kacamata psikologi, salah satu syarat masuk Sekolah Dasar adalah kematangan sekolah anak. Dapat diartikan kesiapan fisik dan mental anak sesuai tahap perkembangannya. Sehingga anak tidak mengalami paksaan dalam proses kematangannya.
Aspek kematangan sekolah antara lain :
- Kognitif
Kemampuan anak dalam menerima materi dan menyelesaikan tugas
- Motorik
Kemampuan anak untuk melompat, berlari, dan bermain. Selain itu anak sudah mampu memegang alat tulis dengan baik dan sudah mampu menulis sederhana
- Sosio Emosi
Kemampuan anak menjalin hubungan/komunikasi dengan orang lain dan teman sebaya, termasuk memahami norma sosial sederhana.

12. Seperti apa contoh dari tes kematangan itu?
Tes kematangan dilakukan dengan menggunakan alat test NST (Nijmeegse Schoolbekwaamheid Test) sebagai alat ukur kematangan anak dalam sisi kognitif, motoric, dan sosio emosional. Alat tes ini terdiri dari 10 macam subtest, diantaranya pengamatan dan kemampuan membedakan, motorik halus, daya ingat, dan konsentrasi.

13. Usia masuk SD Darul Hikam berapa?
Minimal masuk SD Usia 6 tahun

14. Apakah alumni TK DH prioritas
Ya, alumni TK Darul Hikam tentunya menjadi prioritas namun tetap memperhatikan hasil tes kematangan

SD DARUL HIKAM


Jl. Ir. H. Juanda 285 Bandung 40135
Jawa Barat, Indonesia
Telp. +62-22-2505375, 2534016
Fax. +62-22-2505375
Email: sd@darulhikam.com