Rabu, 30 Juli 2014 M.   2 Shawwal 1435 H.
E-mail: disdik@kalselprov.go.id
You are here: Akademik Kurikulum

Kegiatan Sekolah

Program Kurikulum

E-mail Cetak PDF

PROGRAM KERJA KURIKULUM
SD DARUL HIKAM BANDUNG

Enam Bidang Program Kurikulum yang dikembangkan di SD Darul Hikam Bandung, diantaranya ;

A. Pengembangan Kurikulum

Tujuan :

Terlaksananya pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku

Bentuk Kegiatan :

  1. Pengadaan dan penambahan dokumen kurikulum
  2. Menyusun kalender pendidikan
  3. Mengatur Penyusunan Rencana Pembelajaran
  4. Mengatur penyusunan Kriteria Kenaikan Kelas
  5. Mengatur penyusunan Kriteria Kelulusan
  6. Mengatur penyusunan Modul untuk Bidang Pembelajaran yang dimodulkan (jika ada)

Hasil Yang diharapkan :

  1. Memiliki Dokumen Kurikulum yang lengkap
  2. Memiliki Kalender Pendidikan
  3. Memiliki Rencana Pembelajaran yang lengkap
  4. Memiliki acuan Kriteria Kenaikan Kelas yang jelas
  5. Memiliki Acuan Kriteria Kelulusan yang jelas

B. Peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme Guru

Tujuan :

Memiliki guru yang dapat melaksanakan tugas sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan

Bentuk Kegiatan :

  1. Pelaksanaan Lokakarya awal tahun
  2. Pengaktifan MGMP sekolah
  3. Mengirimkan guru untuk mengikuti MGMP, Lokakarya, Pelatihan, seminar dll.
  4. Pengendalian disiplin kerja guru
  5. In House Training

Hasil Yang diharapkan :

  1. Penyelesaian administrasi guru
  2. Pelayanan administrasi tepat waktu
  3. Prosentasi kehadiran guru dalam kegiatan tatap muka KBM

C. Pengembangan proses pembelajaran

Tujuan :

Terlaksananya pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan mata pelajaran dan karakteristik siswa dengan mengimplementasikan pendekatan PAKEMI/PAIKEM

Bentuk Kegiatan :

  1. Melengkapi referensi tentang metoda dan strategi pembelajaran
  2. Mengimplementasikan variasi model pembelajaran
  3. Supervisi klinis keterlaksanaan pembelajaran
  4. Observasi internal dan eksternal

Hasil Yang diharapkan :

  1. Memiliki koleksi buku diluar buku pelajaran
  2. Pelaksanaan pembelajaran yang bervariatif
  3. Ketuntasan belajar setiap pelajaran 100%

D. Peningkatan prestasi akademis dan non akademis

Tujuan :

  1. Prestasi akademis meningkat dari tahun ke tahun
  2. Mempertahankan hasil Akreditasi dengan nilai Kualifikasi A dan menjadi juara hasil UASBN tingkat Kota Bandung
  3. Menjadi juara dalam berbagai perlombaan minimal tingkat Kota Bandung

Bentuk Kegiatan :

  1. Penentuan KKM
  2. Pengendalian ketercapaian KKM
  3. Penentuan target perolehan UASBN
  4. Penetuan target Kelulusan
  5. Penetuan target Kenaikan Kelas
  6. Pelaksanaan Remedial teaching dan remedial test
  7. Pelaksanaan Pengayaan
  8. Penanganan siswa bermasalah
  9. Penanganan kelas VI
  10. Mengikutsertakan dalam berbagai kegiatan dan perlombaan
  11. Melaksanakan kegiatan PHBN, PHBI dan Pekan Kreatifitas
  12. Melaksanakan TKK PAI

Hasil Yang diharapkan :

  1. Siswa mencapai Ketuntasan Belajar 100%
  2. Rata-Rata Nilai UASBN 80
  3. Prosentasi Kelulusan 100%
  4. Prosentasi Kenaikan Kelas 100%
  5. Siswa memiliki prestasi di bidang akademik dan Non Akademik
  6. Siswa menguasai percakapan ringan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Arab
  7. Siswa mamapu membaca Al-Qur’an sesuai Tajwid
  8. Siswa paham bacaan shalat dan dapat melaksanakan shalat dengan benar
  9. Siswa hafal Al-Qur’an  Juz 30
  10. Standar pencapaian bintang & TKK PAI

a. Bintang 1 tercapai di kelas 1
b. Bintang 2 tercapai dikelas 2
c. Bintang 3 tercapai dikelas 3
d. Bintang 4 tercapai dikelas 4
e. Bintang 5 tercapai dikelas 5
f. Khatam hafalan tingkat 1-6 dan Khatam Al-Qur’an 30 Juz

E. Pengembangan sistem penilaian dan evaluasi

Tujuan :

Terlaksananya penialaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku

Bentuk Kegiatan :

  1. Pengembangan perangkat model-model penialian
  2. Implementasi model evaluasi pembelajaran
  3. Penyusunan format LHBS (Raport DIKNAS dan Raport Internal SD Darul Hikam Bandung berkenaan dengan MULOK)
  4. Pelaporan LHBS secara berkala
  5. Pembentukan tim Evaluasi

Hasil Yang diharapkan :

  1. Memiliki perangkat model penialaian secara lengkap
  2. Terlaksananya kegaiatan evaluasi sesuai dengan tuntutan
  3. Memiliki Raport Internal (MULOK) dan Raport Diknas
  4. Pelayanan administrasi tepat waktu
  5. Memiliki analisis soal dari setiap evaluasi yang dapat dijadikan Feed Back untuk sekolah, Guru dan Siswa

F. Pengembangan sarana dan prasarana

Tujuan :

Memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang memadai untuk terselenggaranya proses pendidikan

Bentuk Kegiatan :

  1. Pengadaan ruang penunjang (Lab Komputer, Lab Bahasa, Ruang Multimedia, CCTV)
  2. Pengadaan alat dan bahan belajar (Lab IPA dengan peralatannya, Alat Peraga setiap bidang pembelajaran)
  3. Pengadaan Alat Operasional (Scanner, Laptop, Printer, LCD)

Hasil Yang diharapkan :

  1. Pembelajaran berbasis IT yang dapat digunakan sebagai daya jual
  2. Implementasi pembelajaran PAKEMI/PAIKEM
  3. Proses penialaian/evaluasi yang tepat waktu

Motivasi

Hadist Keutamaan Alquran
14/02/2012 | Admin
article thumbnail

1. Aku tinggalkan untuk kalian dua perkara. Kalian tidak akan sesat selama berpegangan dengannya, yaitu Kitabullah (Al Qur'an) dan sunnah Rasulullah Saw. (HR. Muslim) 2. Sesungguhnya Allah, dengan [ ... ]


Hadist Harian

Ketenangan Hati
26/02/2013 | Admin
article thumbnail

Imam Ali bin Abi Talib berpesan: “Tenangkanlah hati dalam waktu-waktu tertentu, kerana jika hati itu merasa letih ia akan menjadi buta”. Kemudian Ibnu Munkadir berkata: “Bagiku nikmat dunia ini  [ ... ]


7 Hadits Ketinggian Al-Quran
04/02/2013 | Admin
article thumbnail

1. Aku tinggalkan untuk kalian dua perkara. Kalian tidak akan sesat selama berpegangan dengannya, yaitu Kitabullah (Al Qur'an) dan sunnah Rasulullah Saw. (HR. Muslim) 2. Sesungguhnya Allah, dengan [ ... ]


Top Artikel

Bimbingan & Konseling

MENGAJARKAN ANAK YANG PEMALU AGAR MUDAH BERTEMAN
14/12/2013 | Admin
article thumbnail

Sumber: kompas.com
Diedit oleh: Gisti Agustini, S.Pd Hidup di zaman yang serba modern dan melaju cepat seperti sekarang ini, bisa menjadi kondisi yang tidak menguntungkan bagi anak-a [ ... ]


PERKEMBANGAN EMOSI PADA ANAK
13/03/2013 | Admin
article thumbnail

PERKEMBANGAN EMOSI PADA ANAK         Oleh : Pani Siti H., S.Pd. (Bimbingan dan Konseling)
Manusia dalam  hidupnya selalu mengalami perkembangan baik secara psikis maupun fisik. Perkemb [ ... ]


Top Artikel